Merayakan Semangat Kartini Modern: Profil Khairun Nisa, Pelopor Pembangunan Pertanian

Hari Kartini merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk menghormati dan merayakan kontribusi signifikan para pahlawan wanita terhadap bangsa. Pada perayaan ini, kita tidak hanya mengenang sosok Kartini dari masa lalu, tetapi juga mengapresiasi Kartini-Kartini masa kini yang terus menginspirasi.

Khairun Nisa, seorang akademisi di bidang pertanian dari Universitas Teuku Umar, adalah salah satu dari mereka. Dengan semangat dan dedikasinya, ia telah membawa perubahan signifikan dalam sektor pertanian di Aceh, seperti terungkap dalam wawancara eksklusifnya dengan BSINews.id pada Minggu, 21 April 2024.

Khairun menjelaskan pentingnya mengenal peran individu dalam mengatur prioritas antara karir, keluarga, dan bisnis. Baginya, keluarga menjadi prioritas utama, namun tidak menghambatnya untuk berkembang dalam karir dan usaha.

Lahir di Tanjung Balai pada 15 Januari 1982, Khairun memiliki latar belakang pendidikan yang kuat dengan studi Sosial Ekonomi Pertanian di IPB University, Magister Konservasi Sumberdaya Lahan di Universitas Syiah Kuala, dan saat ini sedang menempuh studi doktoral di bidang yang sama.

Menjabat sebagai Wakil Dekan Fakultas Pertanian di Universitas Teuku Umar, ia telah dianugerahi sebagai salah satu dosen terbaik pada tahun 2019. Khairun percaya bahwa pendidikan adalah kunci dalam pembangunan nasional dan selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi mahasiswanya dan masyarakat.

Di luar dunia akademik, Khairun juga berperan sebagai konsultan dan koordinator pertanian untuk PT. Mifa Bersaudara, membawa inovasi dan efisiensi dalam produksi padi yang menguntungkan bagi petani dan industri pertanian.

Lebih jauh, ia juga terlibat dalam pengembangan usaha kuliner berbasis lidah buaya, mengajarkan kepada pelatih kuliner di sekolah-sekolah tentang cara memanfaatkan tanaman ini. Selain itu, Khairun sukses dalam membudidayakan lebah madu trigona, menghasilkan produk-produk seperti madu dan propolis berkualitas.

Khairun Nisa merupakan contoh nyata dari Kartini masa kini, yang berhasil menggabungkan pengelolaan karir, keluarga, dan usaha secara efektif. Semangatnya dalam mengembangkan potensi alam dan mendukung masyarakat setempat menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang, terutama dalam mengatasi tantangan zaman sekarang.

Dengan kegigihannya, Khairun Nisa memberikan harapan bagi generasi muda Indonesia untuk terus berkontribusi pada pembangunan bangsa yang lebih baik.


Bagikan Berita ini

Berita Lainnya